Masyarakat Kota, Masyarakat Desa, Dan Urbanisasi



A. Menurut Anda apa yang memberi makna bahwa masyarakat kota dan masyarakat desa memiliki masing-masing plus minus dalam kehidupan bermasyarakat ?

Yang memberi makna bahwa masyarakat kota dan masyarakat desa memiliki nilai plus minus adalah dari keberagaman. Keberagaman antar masyarakat kota dan desa membuat kehidupan menjadi lebih berwarna, dan menjadi lebih bermakna, 

Kemudian makna lain yang tidak kalah penting adalah pembelajaran, banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari memelihara keberagaman. salah satunya adalah pembelajaran toleransi antar umat beragama. 

B. Sebagai mahasiswa bagaimana solusi terbaik bagi masyarakat desa agar tidak melakukan urbanisasi ke kota yang dapat menyebabkan penduduk masyaakat kota menjadi bertambah banyak?

Solusi yang terpikir oleh saya adalah dengan adanya uluran tangan pemerintah setempat yang membuat desa yang dipimpinnya menjadi lebih produktif, mata pencarian unggul daerah harus didukung penuh sebagai sebuah komoditi yang memiliki nilai jual yang menguntungkan bagi masyarakat desa. Dengan adanya dukungan pemerintah setempat, baik dukungan materil maupun moral diharapkan masyarakat desa lebih tergiur dengan prospek penghasilan di desa yang potensial ketimbang memilih hidup luntang-lantung di kota.

0 komentar:

Posting Komentar