Ilmu Pengetahuan, Tekhnologi Dan Kemiskinan



A. Apa yang anda ketahui tentang ilmu pengerahuan, teknologi dan kemiskinan?

Ilmu pengetahuan adalah pemikiran manusia yang mencakup fenomena alam maupun sosial, yang dapat diselidiki, ditemukan atau dipelajari, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman manusia.

Tekhnologi adalah sarana untuk mempermudah kehidupan manusia, membuat pekerjaan manusia menjadi lebih efektif dan efisien.

Kemiskinan merupakan sebuah peristiwa dimana seorang individu/kelompok tidak memiliki kemampuan dalam memperoleh taraf kehidupan yang layak.

B. Bagaimana anda menyikapi efek/dampak teknologi dalam kehidupan?


Efek/dampak dari teknologi dalam kehidupan dapat berupa efek positif dan efek negatif, perlu dicatat bahwa kemajuan teknologi tidak dapat dihindari. Kemajuan teknologi seharusnya dinikmati, kenapa harus dinikmati? karena kemajuan teknologi tidak dapat dihindari, jika kita berusaha untuk menutup mata pada teknologi yang berkembang sangat pesat, maka kita menjadi orang yang merugi karena tidak tahu perkembangan jaman. Padahal tujuan  dan inti dari perkembangan teknologi adalah mempermudah manusia dan meningkatkan kualitas manusia, yang perlu digaris bawahi adalah bagaimana cara kita menggunakan teknologi secara bijak.

C. Adakah efek negatif dari teknologi bagi kehidupan?
efek negatif dari teknologi bagi kehidupan tedapat banyak di lini kesehatan, baik kesehatan jasmani maupun rohani. Efek negatif kesehatan jasmani adalah seseorang yang selalu menatap monitor akan membuat mata menjadi tidak sehat, kemudian contoh lainnya misalnya seseorang yang maniak menggunakan teknologi “hoverboard” (alat transportasi otomatis) disetiap hari*, maka tubuhnya akan tidak terbiasa untuk berjalan kaki, padahal berjalan kaki itu merupakan kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh. (*dengan catatan tanpa olahraga).

kemudian dampak negatif di kesehatan rohani, contohnya adalah kecanduan teknologi ponsel yang memiliki fitur multimedia dan sosial media, jaman sekarang banyak orang yang tidak dapat hidup tanpa ponsel, ketika bangun tidur sampai mau tidur di dekatnya pasti harus ada ponsel.

inti dari dampak negatif penggunaan teknologi adalah bagaimana cara kita menggunakan teknologi, sebaiknya tidak ketergantungan, dan hanya memakai sesuai dengan kebutuhan.

0 komentar:

Posting Komentar