Agama Dan Masyarakat

A. Apa yang anda ketahui tentang Agama dan masyarakat?

Yang saya ketahui tentang agama adalah sebuah sistem kepercayaan, yang berkaitan dengan hal-hal yang dianggap benar dan suci, didalamnya terdapat praktek-praktek ritual yang harus dijalankan oleh penganutnya.

Masyarakat adalah sekumpulan orang yang terdiri dari berbagai kalangan, dalam satu wilayah, memiliki hukum serta berbagai peraturan untuk ditaati.

Agama dan masyarakat memiliki hubungan yang erat, yakni agama memiliki fungsi sebagai kekuatan yang mempersatukan, mengikat, dan memelihara eksistensi suatu masyarakat, namun pada saat yang sama agama juga dapat memainkan peranan sebagai kekuatan yang mencerai-beraikan, memecah-belah bahkan menghancurkan eksistensi suatu masyarakat. 

Hal ini merupakan konsekuensi dari begitu kuatnya agama dalam mengikat kelompok pemeluknya sendiri sehingga seringkali mengabaikan bahkan menyalahkan eksistensi pemeluk agama lain

B. Bagaimana anda sebagai mahasiswa memiliki kerukunan umat beragama di indonesia?

Cara mahasiswa agar memiliki kerukunan umat beragama adalah menghormati antar umat beragama, yakni dengan cara membiarkan agama lain melakukan peribadatannya masing-masing dengan tentram dan damai

0 komentar:

Posting Komentar