TUGAS SOFT SKILL

1. ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

A. PENGERTIAN DAN TUJUAN ISD DAN IPS

Pengertian Ilmu Sosial Dasar
 Ilmu Sosial Dasar atau ISD adalah ilmu yang mempelajari/menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi, sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial.

Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki objek dan metode ilmiahnya tersendiri yang tidak mungkin dipadukan.

Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial dasar tidak mempunyai metode ilmiah tersendiri dan juga tidak mengembangkan suatu penelitian sebagaimana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu sosial di atas.

Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial

Ilmu Pengetahuan Sosial dalah ilmu yang mempelajari tentang unsur-unsur atau nilai-nilai dari berinteraksi sosial, nilai kehidupan kita dalam melakukan suatu kegiatan, berpikir menjadi orang yang mempunyai rasa nilai tenggang rasa sesama manuia didalam ilmu pengetahuan sosial dibagi menjadi beberapa ilmu, yaiitu: sejarah, geografi, ekonomi dan masih banyak lagi.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar

Sebagai salah satu dari Mata Kuliah Dasar Umum, Ilmu Sosial dasar mempunyai tujuan pembimbingan mahasiswa agar:

a) Memahami dan menyadai adanya kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b) Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
c) Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya dan mempelajarinya secara kritis.
d) Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulan masalah sosial  yang timbul dalam masyarakat.


B. Perbedaan dan Persamaan Antara ISD dan IPS

Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) keduanya memiliki persamaan dan perbedaan.

Adapun persamaan antara keduanya, yaitu:
A. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan prograpendidikan.
B.Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
C. Keduanya memiliki materi dari kenyataan sosial dan masalah sosial

Adapun perbedaanya, yaitu:
A. Ilmu Sosial dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di pada Sekolah Dasar dan sekolah lanjutan.
B.Ilmu Sosial Dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial  merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)
C. Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan da keterampilan intelektual.

C. RUANG LINGKUP ISD
 Tiga golongan bahan pembelajaran ISD antara lain:
1) Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat. Meliputi, latar belakang disiplin ilmu atau pandangannya.
2)Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah yang dibahas dalam ilmu pengetahuan sosial.
3) Membahas masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar